RSS

Merawat Rantai Dan Gir Sepeda Motor

Terkadang kita lupa ato malah udah tahu malah acuh dengan perawatan rantai dan girnya. Terkadang kita berasumsi kalo masih bisa jalan, ya sudah tunggu sampai benar – benar aus ato malah sampe putus….semoga bro and sis’t disini ga ampe berfikir seperti itu….repot jadinya ntar…disaat butuh kendaraan eeeh…malah musibah yang ada…..hdoooooh….ancur rencana awal deh….

Dalam merawat rantai, kita perlu memperhatikan ketegangannya, membersihkan, dan melumasinya, paling tidak seminggu sekali atau lebih sering, tergantung jarak dan kondisi yang dialami sepeda motor. Adapun, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat rantai sepeda motor, antara lain:

  • Periksa bagian-bagian rantai secara teliti. Salah satu bagian yang perlu diperiksa adalah bagian pin dan sambungan. Periksalah pin dan sambungan pada rantai, apakah masih baik ato sudah aus….terutama di bagian sambungan rantai, apakah klip pengunci tetap pada posisinya atau tidak.
  • Ukur juga tingkat kekencangan pada rantai. Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari gir nya, apabila terlalu kencang bisa berdampak putus rantai. untuk mengukur tingkat kekencangan rantai bisa dilihat di buku pedoman kendaraan masing – masing
  • Jangan lupa untuk membersihkan rantai dari kotoran ato debu berlebih. Kondisi yang tidak baik, ato penuh dengan kotoran bisa mempengaruhi kinerja motor dan memperpendek umur gir dan rantai tersebut. Cara membersihkannya bisa  dicuci dengan sabun atau minyak tanah.
  • Selalu lumasi rantai secara teratur. dengan melumasi rantai secara rutin dapat memperpanjang umur gir dan rantai. Jangan lupa untuk selalu memilih pelumas khusus rantai atau bisa juga dengan melumasi menggunakan oli gardan khusus mobil.
Semoga dengan adanya tips perawatan rantai ini bermanfaat untuk kita semua…..silahkan dicoba mulai sekarang…..
 

8 responses to “Merawat Rantai Dan Gir Sepeda Motor

  1. adibaseng

    November 29, 2012 at 12:21 am

    pengalaman sy di rantai vega zr.rantai kotor tarikannya agak berat dan berisik.setelah sy cuci pakai di sikat dicelah2rantai
    setelah itu rantainya dilumasi dng minyak kelapa,tarikan langsung enteng banget krn rantai sdh licin bersih sehingga tdk kaku membuat tarikan enteng.

     
    • Blue wolf

      March 7, 2013 at 9:23 pm

      wew,minyak kelapa trus gimana bro? Kepanasan,melarnya nambah panjang.Ckckck

       
      • chibenkmotor

        March 10, 2013 at 5:45 pm

        Minyak kelapa kalo darurat gan….dan gak masalah kok….aman

         
  2. adibaseng

    November 29, 2012 at 12:45 am

    dulu sy setiap nyuci motor rantainya tak pernah ikut di cuci.tp ternyata peran rantai sangat berpengaruh dalam tarikan motor.rantai kotor sela-sela rantai jd tersumbat akhirnya rantai jd kaku lekukanya nah ini membuat putaran rantai lambat krn tdk lentur memutari gir.sehingga motor terkesan berat jg berisik.jd jng lupa sikat kotoran yg menyumbat kiri-kanan pd rantai.hindari jng di lumasi dng oli bekas membuat rantai cepat panjang dan mejadi seret rantai

     
    • Blue wolf

      March 7, 2013 at 9:26 pm

      Oli itu untuk mesin.Klo rantai pake singer oil,WD 40,Chain lube bro.Biar bersih terus siram bensin tiap kena lumpur/debu jalanan. bru ditetesin chain lube yg ada silikonnya jgn yg tidak ada

       
  3. Halra

    April 28, 2014 at 9:25 pm

    rantai saya kok mudah karatan ya?
    apa mungkin kualitas mereknya?
    makasih

     
  4. david

    April 24, 2015 at 3:20 pm

    rantai saya kok kaku yach cara nanganinya gimana ?

     
  5. mase

    May 18, 2015 at 9:29 am

    awas putus

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: