bore up Mio harian I

alhamdulillah kali ini saya coba bikin artikel mengenai bore up mio harian…..mungkin bro/sis’t kebingungan ama motor mio nya yang pengen kenceng tapi bersahabat dengan bensin juga bikin mesinnya murmerceng…..

jika kita mau ubah motor mio standar menjadi motor yang cukup buat besut2an dijalan ato sekedar cuma pengen nambah tenaga aja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:

– kita perlu tahu dulu hasil akhir dari motor yang sesuai dengan kemauan kita, apa hanya sekedar kenceng mengandalkan spek standar, apa bore up 130cc,bore up 150cc ato lebih malah….

– selain itu, kita perlu siapin budget yang sesuai dengan spek kita,jangan sampe overbudget karena nantinya motor malah setengah jadi, akhirnya ya pusing sendiri kan?

nah setelah kita pikir ke 2 hal itu, baru kita sentuh tuh mesin….hehehehe…..untuk  Bore Up mio harian….kita cukup hanya ganti seher dengan ukuran 54mm pake punya GL max NT, itu udah cukup buat dongkrak tenaga standar….namun botol seher perlu disesuaikan lagi biar masuk tuh seher 54mm ke motor mio…hehehehe

setelah itu, noken as pun perlu penyesuaian lagi…..ganti punya noken as aftermarket yang beredar dipasaran,contohnya ada CLD,Kawahara, dan lainnya….speknya harus sesuai. Menurut saya dengan penggantian ke 2 hal tersebut cukup buat dongkrak tenaga motor mio yang dirasa kurang pol buat di geber.

Weits, tunggu dulu, tidak hanya sampai segitu aja…..bagian CVT pun harus disesuaikan juga…..roller pun ikut kena imbasnya….ada baiknya roller CVT diganti dengan ukuran 9gr rata biar mantap tarikan bawahnya, lalu Per CVT diganti juga sesuai selera yang diinginkan, ada 2 tipe, Merah dan Kuning, tinggal sesuaikan saja…

Sedikit racun dari saya, kalo pengen enak ya di porting polish juga tuh lubang inlet ama outlet juga biar saluran masuk dan buang nya lebih lancar dan indah buat di gaspol…hahahahaha

 

bersambung…

 

yah, mungkin sekian dari saya, tunggu buat seri selanjutnya……thanks…

862 thoughts on “bore up Mio harian I

  1. Om mau tnya nih.. Mio saya udah mancep seher 57mm.. Hehe
    Trus sya ada pikiran mau naik stroke 6mm.. Ituaman ga om di buat harian..😀😀

  2. Om gw mau nanya kan mtr gw mio sporty udah pasang blok bore up150 cc sama loler 8gr terus apa aja lagi yg di ganti biar tambah sangar om
    Tolong fast respon om

  3. A mau.nanya mip soul gua pke per 2000rpm roller 9grm pully depan di papas ko tarikan bawah nya masih berat apa yg di ganti ya A biar tarikan bwah nya jdi entng

  4. Mau nanya saya.saya punya motor mio spek 58 klep sogun noken as k2 cakan nya belom ketemu tolong di bantu gan

  5. Omm numpang tanya, kalo mtr sehernya diemeter 55, sroke 2ml, noken bubutan, cocok nya pake roller brapa ya biar ujung nya dapet..

  6. Gan minta saran buat harian mio GT biar lari bisa ngangkat sampe 110km/jam tanpa bore up apa aja yaa yg perlu di rubah. Trims sebelum.nya

  7. Mau nanya mas. Kalo ukuran seher 54mm tapi noken as nya standart apa bakalan jebol om?
    Sekian, trima kasih

  8. Bang chibenk kita satu nama nih cuman benda di c tinggal ganti t doang haha. Ane mao nanya nih kalo motor pake sher bhison opersis 100 noken as k2, per klep pake swedia tapi ko kaga ada lari nya ya tuh masalah nya di mana bang tolong saran nya

  9. Kang arie klo spek 54 hrian, noken as ori’a nya biar lbih enk di gerus brp mili ya kang biar ga gelicing di head ???
    Mohon pencerahan’a kang.

  10. Yang aku udah 150 tapi gak ada perubahan klep udah sonik per klep udah sonik loken as udah bikin tetep gak ada tenaga .nya

    1. beat karbu tergantung patokan harga setiap masing- masing bengkel dan spesifikasinya juga… untuk range harga di mulai dari 700 ribuan sampai 1.5 juta biasanya

  11. Bang klo buat mio 58 klep standar biyayanya abis brpa kira” bang,,gigi sintrik,pelatuk loler,sma bagian cvt,a jg di rubah di bikin 5pv

  12. Mas, mio saya pake seher hi speed, noken as pake kawahara k1, per cvt 1500rpm, karbulator standar, cdi bawaan. Tp knp ya bensinnya terlalu boros.

  13. Gan mau tanya motor saya udah pake seher byson std, noken as udah di papas tpi kok larinya masih kalah ya ama motor mio standaran,, tolong solusinya

  14. mlm om saya deni baru pemula buat motor mau nanya saya punya mio piston saya gunakan gl neo tek kelep setandar blum porting loler saya gunakan setandat pir cvt saya gunakan setandar pelek saya gunakan setandar karbu ratos saya gunakan pe 28 . kk motor saya tarikan nya gak enak ya om sekali di setater bunyi di buat jalan mesin panas trs berenty sekali berenti kk trs gak bisa di stater om tlong info nya dong om. sms 085747228536

  15. A’ berhubungan saya masih newbie mau nanya nih, klo bagian borong Spek 58 kalo dipasang ke motor standar ada masalah ga ya? ,Mohon info nya a’ sama kalo boleh tau kasih tau pr nya apa aja yg harus diganti
    #salam dari newbie

    1. Kang mio soul nu tahun 2009 nu abdi , hoyong di tarikan tapi kanggo touring sareng harian .nyun keun solusina nya kang
      Hatur nuhun

      1. Gan kalo standar Mio , pake roler 9 +10 per cvt tdr 1500 cdi brt dualbrand , mantep gk ? Kerasa bawah nya apa atasnya gan ?
        Thx

  16. papas kpala slinder 0,8 piston xb soul gt 130cc 54,5 atau piston smah per klep 24 28 pkai an honda sonic ruller 7 8 per cvt 1500 rasio nuvo Pakai spuyer jet 105-120 dan main jet 40 seher gl max 54mm
    noken ya papas brapa mili ya gan

  17. bos chibenk mau tamya nih ?
    motor saya mio thn 2006
    boring head pake nuvo
    klep standar
    kem pake standar di bubut tinggi ny 25 pinggang nya 19
    seher pake CLD 56
    karbu pake PE 28
    knalpot bobokan
    apa tenaga bkl memuaskan minta info nya soal ny mau naik motor nya ?
    5F8D8995

  18. Mio soul gua 53.5 klep standar tanpa skuis lg pi porting 1.5 mili in out 1.2 mili kabu pke king pengapian sogun kebo magnit rubahan
    Cvt rumah roler 13.5 drajat pembel pke suzuki nex roler 3.5gram rata kampas ganda pke beat karbu per cvt pke 2000rpm rasio standar
    Tembus 170 km.
    Datang ke wiliam motor sumur batu…

      1. gan motor ane mio sporty tahun 2011 ane pngen jadiin 130cc buat harian ajh tpi masih bingung .
        apa ajh ya yg harus diganti ?
        tolong pendapatnya

  19. gan klo buat harian 130cc enaknya pake piston apa ya , terus noken as nya ? .
    klep sama per klep nya diganti gak

    1. Bang #chibenk : klo motor mio masih setandar mau lebih ngejoss tarikan nya tapi tanpa ganti seher apa aja yg di ganti dan di bubut selain seher tolong masukan nya

  20. Siang bang cibenk numpa g nnya nih klu mio kite 2007 kan gantii borup seher 58.5 noken as blm bkin tp ko berat ya di jln nye pdh dh bkin secuwis seher di coak n boros..mohon ilmu nya bang cibenk terima kasih

  21. Om mhon bntuan nya nh..
    Mio ane udh pke seher 53 ,,noken sma klep msi standran rumah roler udh d papras ,roler pke 7 8 per cvt pke 1500 tapi tarikanny kurang ngjooss..tu gmna om

  22. Mau tanya gan ? Mio pake seher bison trus di pakein karbu king pj/mj brapa ya ? Dan gir rasio brapa utk maen di liaran

  23. Om chibenk ane mau tanya dong,, motor ane mio spek59 karbu standar noken gerus abis klep standar.
    Biarr bisa dipake harian gmn ya om ? Tolong solusi nya dong ??

  24. Bang gw punya motor mio tapi mau gw jadiin roadrec tapi gw masih anak sekolah bisa gk dg cara simpel

  25. Bang mau tanya kan motor ane mio sporty, seher byson standar, klep sonic di papas. Noken as papasan, karbu maen di 26, rumah roler papasan, tapi lari masih berat, selah juga ga terlalu berat suara juga adem pake knalpot bobokan… Itu kenapa yah ? Mksih

  26. Kalo motor bore up 54 atau ke atasnya,kalo pake knalpot standar gmna? Tetap sama atau malah mengurangi perform mesin.

Leave a reply to Anonymous Cancel reply