RSS

Mengatasi dan Mengenali Kerusakan Dini kendaraan Bermotor Saat Touring maupun Saat Perjalanan

Banyak rekan – rekan atau siapapun yang pada saat menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaaraan roda 2 banyak mengalami kendala maupun keluhan yang tidak terduga sebelumnya dan kebanyakan orang menjadi panik menghadapi situasi seperti mogok, mati total, karbu masuk air, tiba – tiba berebet, kelistrikan tiba – tiba abnormal, atau malah motor oleng pada saat perjalanan padahal motor tidak membentur benda keras atau menghajar lubang besar.

Nah kali ini saya mencoba untuk membahas beberapa hal tersebut serta bagaimana mengantisipasi dan memperbaiki gejala – gejala tersebut sehingga perjalanan tetap nyaman dan bisa melanjutkan perjalanan. Saya akan mencoba membahas solusi dari masalah yang rekan – rekan alami secara bertahap dan semoga dapat membantu memecahkan masalah yang sering dialami oleh rekan – rekan sekalian.

Sebelum saya membahas masalah ini, mari kita pahami terlebih dahulu bagaimana prinsip dasar dari sebuah kendaraan bermotor. Saya disini membagi ke dalam 3 bagian dari kendaraan bermotor sederhana, pertama, bagian mesin/ engine, kedua bagian kelistrikan, dan yang ketiga bagian pengkabutan / karburator. Saya tidak akan membahas detail ketiga bagian tersebut karena saya tidak membahas masalah ini. Baik, kita langsung saja kepada pokok permasalahan yang akan kita bahas sekarang ini.

 

Pertama, di saat motor sedang enak dipakai, tiba – tiba motor mengalami gejala berebet, hal – hal yang harus diperhatikan diantaranya:

– Apakah gejala berebet ini disaat turun hujan atau setelah motor terkena hujan lebat? Apakah motor tiba – tiba berkurang tenaganya?

Jika iya, maka yang harus diperhatikan adalah, karburator dan busi serta koil. Cek apakah karburator terdapat air didalamnya atau tidak, perlu kita bongkar terlebih dahulu. Atau apabila benar – benar darurat, maka lakukan langkah – langkah sebagai berikut :

Nyalakan mesin dalam keadaan stationer atau apabila berebet, tahan gas agar mesin tidak sampai mati, lalu tutup moncong karbu dengan tangan dibarengi dengan menarik gas sampai mesin mau mati, setelah itu lepas tangan kita dari tutup moncong karbu tersebut sampai gas kembali besar dan mesin teriak. Lakukan langkah – langkah tersebut sampai karbu berfungsi normal.

Kemudian jika masih, maka cek busi serta kabel koil,apakah terdapat kebocoran arus yang menyebabkan arus busi menjadi lemah atau tidak.

– Apakah motor tiba – tiba berebet tanpa sebab apapun?

Cek bagian koil dan busi,mungkin busi yang lemah atau koil yang sudah usang. Jika tidak ada masalah, coba cek terlebih dahulu bagian CDI dan spull, kemungkinan kedua bagian ini bermasalah, cek arus nya dengan menggunakan kabel yang di jumper langsung dari cdi.

 

Kedua, Motor tiba – tiba oleng dan menyebabkan motor tiba2 berat sebelah

Hal yang harus di perhatikan disaat seperti ini adalah periksa bagian roda – roda, cek laher, cek tekanan angin di dalam ban. Biasanya motor tiba – tiba oleng tanpa sebab, bisa dari tekanan angin ban yang berkurang. Atau jika tekanan ban semua normal, periksa kebocoran oli shock dan cek laher – laher roda, jika menemukan bengkel terdekat segera diperiksa lebih lanjut dan ganti bila perlu

 

Ketiga, disaat motor sedang melaju normal, tiba – tiba gas tidak kembali normal lagi (gas tidak turun)

Hal yang perlu di cek adalah, biasanya didalam karburator terdapat air. Segera bongkar karbu, copot skep karbu dan bersihkan jika terdapat air didalamnya. Dan bawa ke bengkel terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut

 

Keempat, Motor melaju kencang namun getaran terasa hebat di bagian foot step dan jok motor

Jika hal ini dialami serasa gejala abnormal, segera berhenti dan periksa bagian oli mesin. Diamkan motor kurang lebih 5 menit dan posisikan kendaraan dengan standar 2, dan periksa ketinggian level oli, jika berkurang segera tambah atau ganti dengan oli yang baru.

 

Kelima, Motor bisa jalan normal,namun disaat tarik gas, motor serasa diam di tempat

Keadaan ini dimana kanvas kopling atau otomatis kopling yang sudah aus. Periksa kendaraan anda ke bengkel terdekat dan segera lakukan penggantian part tersebut jika dirasakan perlu untuk diganti.

 

Keenam, Setelah motor diisi bensin, tiba – tiba muncul gejala abnormal dan motor berebet serta tenaga berkurang

Hal ini dapat berpengaruh terhadap bensin yang baru kita isi, terutama premium. Coba cek kualitas bensinnya, jika darurat segera campur bensin dengan oktan yang lebih tinggi. Hal ini belum tentu bensin yang jelek kualitasnya,bisa juga karena pengaruh bensin atau tangki yang terdapat air sebelumnya. Untuk memastikan segera bawa ke bengkel terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut

               Sekian yang bisa saya share kepada rekan -rekan semua, semoga  bermanfaat….thank’s

 

 

11 responses to “Mengatasi dan Mengenali Kerusakan Dini kendaraan Bermotor Saat Touring maupun Saat Perjalanan

  1. mronz

    May 22, 2013 at 11:15 pm

    Kang knapa motor cs1 nu abdi kalo cuaca ga hujan lancar2 aja tapi kenapa pas turun ujan mesin mati,jadi gejalanya kalo kena aer langsung mati kaya yg ga turun bensinya…padahal dikira ada aer yg masuk ke karbu,tp stlah di bongkar karbu ga ada aer sama sekali…oh iya karbu. Dah ganti pe 28..mohon pituduhna kang haturnuhun..

     
  2. rony

    November 28, 2013 at 8:14 pm

    mang ku naon nya motor abi mun di stater teh beurat. padahal mah akina sae? punten ah.hehehe

     
  3. jorjir

    March 24, 2014 at 4:06 pm

    bang chibenk saya mau konsultasi..mio saya sdh pake seher 54mm roler pake 8/12 per cvt pake 1500rpm..bawahnya dpt cuma atasnya ga dpt..klo pngen atasnya dpt apa aja yg hrs saya ganti…mohon bantuannya bang.mksi

     
  4. jorjir

    March 24, 2014 at 4:09 pm

    bang chibenk..bisa ga cdi smash di pake ke shogun 125…mksi

     
  5. why

    February 5, 2015 at 1:24 pm

    Mas bro mau nanya dong, motor ane new jupiter z , pas mtor nyala kadang” suka bunyi dengung diikuti lampu kedap kedip itu knp ya, saya cek magnet spullnya gk ada yg kendor? Bisa bantu jawab gak mas bro ? Thanks

     
  6. yusuf

    February 17, 2015 at 10:27 pm

    mas mtr urang rgr mun panas teh ngempos tapi mun dingin jos.. naon na nya .?? blok seher ori osz 150 .

     
  7. yusuf

    February 17, 2015 at 10:30 pm

    kamari pas bongkar di bere spull lokal teu hurung api na mah gede.mun pake nu lila na gulungan hurung tah?? hampura nya tulung bantuan na..

     
  8. Anonymous

    July 3, 2015 at 1:47 am

    Numpang tanya gan.motor saya fiz r di mesing bagian tengah bunyi tek tek tek.solusinya gimana gan makasi sebelum nya

     
  9. Anonymous

    July 3, 2015 at 1:49 am

    numpang tanya gan.motor q fiz r thn 2002 d mesin bagian tenga ada bunyi tek tek tek.gimana solusinya yang tepat gan makasi

     
  10. cepy

    January 8, 2016 at 2:39 pm

    mang punten motor urang ges goreng bisa ngaganti te?

     
  11. thika adeliana

    April 10, 2016 at 8:56 pm

    Mas mau nanya dong . motor saya sehabis di sela kan nyala tapi setiap x mau di gas agak kenceng pasti mati . tuh kenapa ya

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: