Bikin Responsif Tenaga Honda MegaPro

Baru kali ini saya bisa share lagi karena kesibukan di bengkel yang sedikit kebanjiran orderan…..huft….mungkin kalian masih penasaran dan bosan dengan tarikan honda MegaPro lansiran 2010 kebawah yang dirasa masih kurang nendang. Saya coba bahas dan sharing disini gimana caranya biar tarikan lebih mantap lagi.

ada tahap- tahap yang harus diperhatikan ketika kita mencoba untuk memodifikasi sektor mesin dan kelistrikan Honda MegaPro supaya lebih enak dan enteng tarikannya.

untuk stage 1, kita coba maen di sektor pengkabutan alias karburator standar di ganti pake ukuran yang lebih besar dari standar bawaan motor yang cuma 24mm, optionnya bisa pake karbu  GL series yang venturinya 26mm, ato pake karbu PE 28. Untuk jettingya tinggal penyesuaian aja, biasanya PE28 ukuran pilot jet 40, dan main jet 115/120. Sekedar saran aja, kalo pake karbu PE28, manifoldnya pake punya binter merzy yang ori, biasanya di toko onderdil harganya 50rb an dapet yang ori. Setelah itu biar tenaganya lepas diputaran atas, kita ganti CDI ori dengan CDI aftermarket, contohnya CDI BRT ato CDI Varro untuk MegaPro yang notabene kedua CDI tersebut Unlimitter. Untuk Koil, kita tetap pakai yang standar, kecuali kalo emang pengen, coba cari koil standar bawaan Honda Supra Fit lama biar lebih sip.

Masih kurang juga? bobok knalpot standar bawaan biar lebih freeflow, setelah itu setting ulang karbu dan klep… untuk celah klep di buat sedikit renggang dari bawaan standarnya. Biasanya ukuran celah klep In dan Ex 0.10mm.

Nah Stage 2, nya kita maen di sektor mesin, untuk sekedar bikin responsif tarikan, cukup maenin di lubang portingan aja, cukup di ampelas aja biar lebih halus, tapi jangan kelewat halus, ntar yang ada tarikan malah loyo lantaran pengkabutan ngga normal. Lebih ekstremnya lagi ya papas head 0.3mm,jangan lebih karena pada akhirnya posisi keteng jadi lebih molor alias kendur……

ato bisa juga ganti noken as standar dengan noken as yang memiliki durasi lebih lama untuk bukaan katupnya. bisa dengan noken as aftermarket ato noken as handmade.

Mungkin hanya sekian sharing dari saya, untuk lebih jelasnya bisa datang ke workshop kami atau hubungi kami via telepon CCS kami…..smoga sharing ini bisa membantu bro/sis’t skalian….terima kasih

548 thoughts on “Bikin Responsif Tenaga Honda MegaPro

  1. Askum gan pengen nanya!ane punya mtor mega thun 2004-pkek bndul tger std.trs nken as std tger ,koel ori karisma krbu seris. Tpi kok gdEr and tarikanxa..ampang ya.piye bos

  2. Gan mau tnya.
    Mtor ane gl 100,skerny mgapro,klep pkae megpro,struk 5.
    Tpy stlah gnti magne,spul gl seris,suara jadi ngitik n atasnya g ngangkat.

  3. Mas … tanya … punyaku gl 100 … rasio sdh max neo tech .. sdh os 150 cc dan sdh CDI pake punya gl series …. yang lain masih tetap… tapi larinya berat … mohon sarannya

  4. Bos
    Apa efek samping nya kita cuma memapas nokennya kalau motor itu kita pake harian, dalam satu hari jarak tempuh nya 50km bos

  5. Mtr sy mp 2005, naik stroke 3,5, seker cbr oversize 0, karbu pe 28 ori, setting karbu blm ktmu bos, pilot jet 42, main jet 122, gas di buka dikit nembak di knalpot sama karbu, kira2 nyettingnya gimana ya boss? Tolong pencerahanya…thx

  6. mas tlg bantuannya, aku kan masih anak smp tpi skanya MP, kmren baru brni bogkar* motor, pas filter karbu ane buka kok atasnya blebet bgt trus boros kasian bpk kalo makek kerja.. juga sering businya blebet… tolong bantuannya biar kondisi prima.. biar tampil jos kak! tips nya yg modal dikit ya kak maklum masih smp

    1. Iya karna terlalu banyak angin nya, seting ulang setelan anginnya. Klo bisa lbh baik saringannya sehabis dibersihin dipasang lg

  7. mas tlg bantuannya, aku kan masihanak smp tpi skanya MP, kmren baru brni bogkar* motor, pas filterkarbu ane buka kok atasnya blebetbgt trus boros kasian bpk kalo makek kerja.. juga sering businya blebet… tolong bantuannya biar kondisi prima.. biar tampil jos kak! tips nya yg modal dikit ya kak maklum masih smp

  8. Mas, saya punya gl 100, karbu primus, mesin standart… Top di dapat dari stater, yang ingin saya tanyakan : 1. Kenapa pada waktu maen gigi bawah tidak ada power ? 2. Apakah pilot jet dan main jet karbu perlu diganti ? 3. Untuk mesin, yang perlu dimainkan apanya dulu, sambil mengumpulkan dana agar sepeda bisa tetap di pakai dan bertenaga ? 4. Alamat bengkel dimana ?

  9. boss saya ada megapro th 2005 bila saya ganti sehernya menjadi seher tiger OS 150 itu apakah bisa boss ?? .. apakah harus mengatur kompresinya juga ?

    1. Mas motorku megison taon 2006 pengeny naikin performa pakek cdi shogun kebo.eeeee…..malah q coba pakek cdi shogun kebo dapet dr temen kok kayak mbrebet y mas tolong yg tau mas

  10. Mas bro motor saya Mega pro 2007,supaya bisa lari kencang cc naik 200 apa aja yg harus diganti.mohon penjelasan spre part-nya.

  11. Maz beroww…
    Sudah saya pakai saran Maz di atas…
    New Megapro th 2011 saya pakai pe 28 Thailand pj 40 dan mj 120, tapi manipolnya masih standart nmp, untuk cdi saya pakai brt dual-band…
    Untuk tarikan torsi bawah nya oke…dan sipp…
    Tapi untuk tarikan torsi atas nya kurang sip….spedd nya masih kurang nambah..
    Mungkin ada saran…gimana agar tarikan atas nya biar km bisa nambah terus keatas..

    1. Di porting aja mas in & ex nya trus mj minta naik 122,in porting 1 mm klo ex haluskan pake amlas 400 dan 1000 pasti joss klo pengerjaan nya paham betul,megi ane 2004 os 100 pake pe 28 kw super setara ninja r yg penting bentuk portingan nya
      Salam

  12. Bener tuh gan,karbu dan kenalpot segalanya untuk peforma tp gk klah penting lekukan portingan,pengapian hanya pemanis aja

  13. Tanya gan,
    Sya punya new mega pro,
    Mesin masih halus dan semua masih standar, di bawa jalan santai makin enak,
    Tapi pas ngejar waktu dan pengen ngbut, cuma suaranya aja yg garang tapi larinya loyo,
    Kira2 yg perlu di benahi apa ya gan,
    Thx.

  14. Gan punya saya stroke 9’5 seker tiger os 200 klep masih standart noken standart klo pakek cdi brt spulnya di ganti apa nggak klo koil nya punya supra fit lama bawaan sepeda

  15. salam kenal para suhu &admin..
    tlng bantu sy dong bos,,.. sy punya NMP, PGM fi,, tapi sy pngin oprek ganti ke karbu aja,, karbu sama cdi sdh saya cari,, kira kira apa nya lagi yg harus di ganti bos… ? spare nya apa bisa pakai punyak nya NMP, mohon saran & bantuan nya…
    terimakasih sblm nya

  16. numpang nanya bos… saya punya MP ’02 mau bikin buat advanture an… gimana bos bikin tenagaa nyaa makin galak…apa ajaa yg harus di ganti… makasih bos… di tunggu jawaban nya

  17. Bang minta solusi mtr syg mg karbu pe 28 pj 38 mj 110,seker Tiger os 100,cdi Shogun kebo,sensor pulser maju 2 mm Kok msh kurang mantep apanya bang

  18. Bro gue mau nanya nih. Mohon bimbingan ya. Gue pake MP 2005 noke. Noken as Kawahara K1. Cdi kebo. Karbu pwk 28 kawahara. Nah pj mjnya yg pas berapa ya ?

  19. Misi gan numpang berbagi,megi ane taon 2003 karbu std di remer ke atas -+ 1,5 mm,kanan kiri 1 mm,jarum di langsingin pake feeling aja alat cuma pake amplas 120 n 400 plus autosol,dan sighmat 70 rb an,pj 40 & mj 120 minus gk bisa langsam karna kebasahan,porting in di besarin 2 mm & out 1 mm sampe licin mengkilap pake autosol,untuk yg in jangan di amplas lagi setelah di tuner biarkan sedikit kasar,mangkok magnit bubut 2 mm os 50,knlpot bobok kan ngebass,pelek kaleng 17, gir 14/38 ban 2,25 & 2,50 dan hasilnya josss gandoss larinya ngacir ,fu std sendiri ane boncengan masih bisa nyalip di atas nya,pernah ngikutin motor sport250 ampe ngeliatin dilampu merah nyariin karbu apa yg gw pake wkwkwkwk,hasil tergantung portingan head nya

  20. om mtor mp q 2008/2010…. tarikanya gk enak n jg suara nya kurang sip habis
    q servis enak tp bbrapa hai kmuadian past dh eror lg karbunya jg setelanya gampang berubh nih apanya y om… Tolong saranya om

  21. Halo kang chibenk kumaha damang kang ? nmp ku bermasalah kang,sudah pake cdi brt ,karbu masih orisinil dan vakumnya masih bagus ,kenapa ya kang di pas gigi 3 langsung brebet ?
    (pasaribu gorat)

  22. Meggy saya ganti noken ori tiger tapi pas perseneleng 5 meggy saya kok malah mudun tenaganya padahal gas saya notok. Pas gas saya notok in malah nggk kencang e larinya. Mohon kasih infonya master biar larinya semakin kenceng

  23. Om mau tanya nih mau beli askruk struk pnp stang seher pendek Dr megapro nah pada iston pake cbr di pepes 3mm dan bloknya pake aslinya megapro apa itu aman buat jalan jarak jauh om

  24. Noken : wrd
    Kanvas : gl 100
    Per k : tiger at dobel ring per
    Koil : s fit lama ,RM,YZ
    karbu : 28
    CDI :hiosung 125 tril
    Gir :15/41-42-43 kalo yg ini biaya tdk jelas banyak pilihan
    ———————————————————-‘xxxx—————

    Sekedar saran yg simplerrr ganti gir belakang jangn pake 46 turunkn 2 at 3 mata
    Karbu pake 28 kamvas k yg 1/2 ganti yg full , pelumas pake yg encer , ingat jangan keseringan pake yg encer daya gesek cepat aus terutama ring p seX2 aja pake ,maaf – + sekian d trimakasih.

    1. Mas bro saya punya megapro 2008 standar klo dipasang karbu pwk 28 settingan yang enak pake MJ/PJ ukuran berapa mas bro dan enak.y pake manifol punya apa mas bro ???

      Minta pencerahannya mas bro

Leave a reply to chibenkmotor Cancel reply