RSS

Oli mesin palsu atau oplosan????

Cerita berawal dari pengalaman saya beberapa hari ke belakang waktu itu kebetulan waktu itu kita lagi ngegarap mesin honda CS1 di workshop…..setelah mesin kita turunin dari rangka dan dibelek sana sini, yang ujung2nya di rombak soal dapur pacunya. setelah beberapa hari di setting ulang mesin dan yakin, besoknya kita rakit lagi tu mesin dan siap untuk jalan dan di test….kita masukin oli mesin yang biasa dipakai sebelumnya….Akhirnya nyala motornya normal dan gak ada masalah sedikit pun, spontan sang empu tu motor balik ke rumahnya tanpa mikir panjang lagi.

Namun, bencana muncul pada saat itu motor dah nyala dan ditest beberapa hari kemudian, sang empu kembali ke workshop kami, dia ngeluh soal bunyi mesin yang kasar dan cepat panas…..Kami pun kaget, kok bisa ya???padahal settingan udah pas dan sesuai dengan keinginan dan spek….Alhasil kita coba cek celah klep dan air radiatornya…..SEMUA NORMAL…..Wew, kok bisa ya?ah mungkin panas mesin akibat dari kesalahan kita…..akhirnya kita bongkar lagi dan kita coba turunin spek dan kompresinya….

Tapi, kok suara bisingnya tetep ada dan muncul makin keras, gak normal alias abnormal….tenaga drop abis, dan tnaga loyo banget…….Alhasil, coba kita cek kekentalan oli dan kita keluarin tuh oli mesin….walaupun dengan yakinnya itu oli baru beberapa hari dipake masa udah jelek????? Nasib nahas ketika kita cek oli, ternyata ENCER kayak air…..wew….ini dia masalahnya….oli nya palsu cuy……hdoh….settingan berikut mesin hancur semua deh……padahal oli yang dipake merupakan oli yang biasa kita pakai dan normal – normal aja…..

KOK bisa ya????ah, ini merupakan suatu pengalaman berharga dimana meskipun kita beli oli mesin yang biasa kita pakai, kita harus tetap waspada terhadap beredarnya oli palsu yang buat mesin malah rontok dan kantong malah ikut2an bolong juga…..

Gimana ya cara cek oli mesin yang kita beli itu asli ato palsu???? nih ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu kita semua :

  1. Kemasan dari oli tersebut dalam keadaan bersih, tidak ada sedikitpun bercak noda seperti oli  dan lainnya serta stiker merek  masih dalam keadaan baik.
  2. Cek juga bagian bawah kemasan. Kalau terlihat baret-baret panjang atau terkelupas seperti cacat produk,lebih baik ambil kemasan lain. Karena kemungkinan, itu botol bekas ato hal lainnya.
  3. Deteksi juga tutup kemasan. Pada kemasan yang masih asli, ketika tutup kemasan dibuka bunyinya cukup keras dan putarannya juga masih keras. Di kemasan daur ulang, bunyi saat buka sudah lemah dan proses membukanya juga sangat mudah. Sebab, pada kemasan asli, antara tutup kemasan dengan cincin dibawah tutup tersolder dengan menggunakan mesin dari pabrik sedang pada kemasan non asli disolder manual.
  4. Jika sudah telanjur buka tutup kemasan, sebelum menuang oli ke mesin masih ada yang bisa dicermati, yakni segelnya. Pada kemasan oli asli, segel ini akan terlihat rapi. Maklum penutupan segel menggunakan mesin yang sudah diprogram. Sedang pada oli ‘aspal’ (asli tapi palsu), segel ini tidak rapi, sehingga penutupan mulut kemasan justru tak sempurna.
  5. Masih ada komponen lain yang bisa dijadikan pembeda. Yakni pada aroma dan warna dari oli itu sendiri. Untuk tahu pembedanya memang harus jeli dan tahu benar kualitas yang asli.
  6. selain itu cek juga kekentalan dari oli itu sendiri, oli yang bagus adalah oli yang agak encer tapi tidak seencer air….

ohya, nih sedikit berita mengenai oli palsu yang beredar di masyarakat :

http://oto.detik.com/read/2008/12/17/170931/1055352/648/awas-oli-palsu-gentayangan

Thanks, semoga dapat membantu……

 

8 responses to “Oli mesin palsu atau oplosan????

  1. nobita tersiksa

    November 14, 2011 at 3:09 pm

    betul sekali bung, gw waktu itu juga ngalamin. parah banget. ia seperti cerita lu tadi, mesin itu pertama – tama baik oke.oke aja tapi beberapa hari baru deh suara mesin kasar dan ga da tenaganya. gw kira montir nya yang salah masang eh ternyata olinya palsu….

     
  2. sschibenk

    November 16, 2011 at 9:09 am

    nah makannya, tetep selalu ati2 bro kalo beli oli…..meskipun kita beli di tempat yang udah kita percaya, tetep harus di cek ulang keasliannya…..

     
  3. nobita tersiksa

    November 18, 2011 at 12:34 pm

    maksaih bro atas sarannya, sukses bro buat bengkelnya.

     
  4. Anonymous

    January 26, 2012 at 6:50 pm

    harus lebih hati2 nih milih oli nya….thanks for nice info….

     
  5. ardy bastian (@bastian_ardy)

    April 30, 2013 at 7:47 pm

    mas minta nomor hp cibenk motor

     
  6. black sarwo

    January 28, 2014 at 1:18 pm

    aq pk MP 2008 (dipk 2009) msh standar.Km nya sdh balik lg ke 0 +13000 an krna sering dipakai tour keluar Jawa .mslhnya skrang tarikannya utk gg rendah agak berat(krng respon).Gmna utk menormalkan lg ? .Servis rutin per 1500 Km- 2000 Km .cttn : oli pakai sae nya 20/50

     
    • chibenkmotor

      July 31, 2016 at 5:25 pm

      biasanya perlu di servis besar motornya…salah satunya skir klep

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: