Bore Up Harian Honda Scoopy dan Honda Beat 130cc

Bore Up Honda Beat dan Honda Scoopy 130cc

Kali ini saya mencoba buat membahas mesin beat atau scoopy standar menjadi mesin 130cc. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah :
1. Tutup saluran AIS dengan plat atau bahan dural agar AIS tidak berfungsi lagi
2. Ganti seher dengan ukuran 53,5mm
3. Ganti juga botol seher di blok seher agar tidak terlalu tipis dindingnya
4. Porting ‘n polish bagian lubang IN dan OUT nya….jangan kelewat halus ya….yang penting rata…
5. Ganti CDI dengan CDI non limitter
6. Ganti juga noken as
7. Skir ulang klep agar optimal
8. Untuk noken, bisa kita bubut yang standar bawaan atau saran dari saya ya diganti dengan noken after market seperti kawahara,dll.
9. Jika diperlukan,ganti karburator bawaan dengan karbu PE24 atau PE26
10. Ganti roller dengan 10gr atau 11gr agar ma’nyus
11. Atur kompresi sedemikian rupa sehingga kompresi dibuat agar tidak terlalu padat, hal ini bertujuan agar endurance mesin bore up tersebut bisa bertahan lebih lama dan aman saat di besut habis-habisan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah, seher 53,5mm ini….bisa menggunakan seher honda karisma atau seher kawasaki kaze. Jika menggunakan seher karisma, maka posisi dome cekung ke dalam dan membuat mesin low kompresi atau bisa juga dengan menggunakan seher kaze dengan dome yang sedikit rata.

Namun pada saat pemasangan perlu penyesuaian di sehernya, bibir seher di bubut sedikit guna mengejar posisi rata dengan botol seher pada saat posisi TOP. Setelah itu, pantat seher pun perlu papasan agar tidak mentok dengan kruk as.

Nah setelah langkah – langkah diatas selesai dan motor telah dirakit kembali,sekarang tinggal tahap penyesuaian dan penyetelan, stel klep jangan terlalu rapat dan jangan terlalu longgar,stel sesuai dengan spek yang telah dibuat.

Untuk klep kita tidak melakukan penggantian,karena klep scoopy atau beat sudah cukup besar untuk melayani kapasitas mesin 130cc, hanya tinggal penyesuaian noken saja agar dapat optimal.

342 thoughts on “Bore Up Harian Honda Scoopy dan Honda Beat 130cc

  1. Bos saya punya motor beat sudah bore up tapi kenapa buntu-buntu atasnya semacam pengapiannya hilang-hilang .penyakitnya itu darimana .apakah bos bisa bantu saya penyebabnya itu apa ???

  2. Bang saya mau tanya bisa kah memakai noken kawahara k2 dengan klep standrt .motor beat karbu. Piston tkrj 200 jupiter

  3. Bang benk nanya dong dikit tolong dijawab ya…hihihih
    Gini bang ane mau bore up honda beat lama ane klo pake piston Merk CLD 55, itu PNP apa harus ada penyesuaian…makasih banyak bang benk

  4. jawab pertanyaan tuh yg bener!! jangan asal jawab!! kasian yg belum tau ttg korek matic honda, jangan mau diakali ya gaes..
    kalau mau yg jadi beneran yha kebengkel khusus yg racik motor matic bore up

  5. Bos saya punya motor honda beat seher saya ganti dengan ukuran 54mm klep pakai punya honda sonic pngapian sudah saya besar.kan ….tapi mengapa putaran bawah.nya kok masih lembek….tolong intruksinya agar putaran bawah.nya mak.nyus

  6. Bg minta solusinya bg saya punya scoopy spek 56,6 pakai kaze per CVT 1,500 RPM. Loler pakai 10 gr, pokoknya kirian raccing, terkecuali noken saya gak papas cuma stelan klep doang diubah dikiit..
    Tapi ko bawahnya msh lambat ya bg, tolong solusinya

      1. Saya punya scoopy fi, std abiss cuman main kiri. Knalpot totosan 130 std. Udh enak top speed lbh dari 110 jarak 800m, gk ktemu limit. Loler pake 3 biji milik vario std+ring puli depan 2 + yg std bawaan satu jadi 3, tetep gk ktemu limit yes jooss haha karna puli rumah loler bubut lbh lebar lg, tp saya blm cukup puas karna depanan saya std semua, pengen porting polish tanpa ganti yg lain lagi kira kira bikin lbh enak apa malah drop ? Tolong penerangnya agan.

  7. Motor saya scoopy f1 std abiss, cuman main kiri doang. Sukses top speed 120km lbh jarak 800 baru nemu limit.
    Belum begitu puas sama mtr yg std abis ini, pengen porting polish bagian in/ex kira kira bikin lbh joss apa malah drop ? Tolong penerangannya hehee…

  8. Sya punya beat taun 2010 udah pake seher karisma operse 100 tpi noken as blm di ganti loler udah pke ukuran 7g per seviti udah di ganti tpi cdi sma koil belom di ganti gimna cara nya biar beat saya kencang tarikan nya

  9. gan motor saya beat spek 130 cc klep standar ingin ganti noken as kawahara saya bingung mencari ukuran apa k1 atau k2 yah mohon inponya gan

Leave a reply to Kecuk barawz Cancel reply