RSS

Bore Up Harian Honda Scoopy dan Honda Beat 130cc

Bore Up Honda Beat dan Honda Scoopy 130cc

Kali ini saya mencoba buat membahas mesin beat atau scoopy standar menjadi mesin 130cc. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah :
1. Tutup saluran AIS dengan plat atau bahan dural agar AIS tidak berfungsi lagi
2. Ganti seher dengan ukuran 53,5mm
3. Ganti juga botol seher di blok seher agar tidak terlalu tipis dindingnya
4. Porting ‘n polish bagian lubang IN dan OUT nya….jangan kelewat halus ya….yang penting rata…
5. Ganti CDI dengan CDI non limitter
6. Ganti juga noken as
7. Skir ulang klep agar optimal
8. Untuk noken, bisa kita bubut yang standar bawaan atau saran dari saya ya diganti dengan noken after market seperti kawahara,dll.
9. Jika diperlukan,ganti karburator bawaan dengan karbu PE24 atau PE26
10. Ganti roller dengan 10gr atau 11gr agar ma’nyus
11. Atur kompresi sedemikian rupa sehingga kompresi dibuat agar tidak terlalu padat, hal ini bertujuan agar endurance mesin bore up tersebut bisa bertahan lebih lama dan aman saat di besut habis-habisan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah, seher 53,5mm ini….bisa menggunakan seher honda karisma atau seher kawasaki kaze. Jika menggunakan seher karisma, maka posisi dome cekung ke dalam dan membuat mesin low kompresi atau bisa juga dengan menggunakan seher kaze dengan dome yang sedikit rata.

Namun pada saat pemasangan perlu penyesuaian di sehernya, bibir seher di bubut sedikit guna mengejar posisi rata dengan botol seher pada saat posisi TOP. Setelah itu, pantat seher pun perlu papasan agar tidak mentok dengan kruk as.

Nah setelah langkah – langkah diatas selesai dan motor telah dirakit kembali,sekarang tinggal tahap penyesuaian dan penyetelan, stel klep jangan terlalu rapat dan jangan terlalu longgar,stel sesuai dengan spek yang telah dibuat.

Untuk klep kita tidak melakukan penggantian,karena klep scoopy atau beat sudah cukup besar untuk melayani kapasitas mesin 130cc, hanya tinggal penyesuaian noken saja agar dapat optimal.

 

199 responses to “Bore Up Harian Honda Scoopy dan Honda Beat 130cc

  1. Koko

    January 15, 2013 at 1:51 am

    : Bos, berapa dana yg diperlukan utk bore up scoopy jd 130cc dgn kondisi aman dan bagus, spt saran diatas? ~rencana kapasitas mesin dibesarkan akibat pemakaian ban depan blkg besar..

     
    • chibenkmotor

      January 15, 2013 at 9:32 am

      Bore up scoopy membutuhkan dana kurang lebih 600rb untuk main di mesin tanpa noken diganti hanya di dial saja noken nya….cukup kok untuk kapasitas mesin sgitu dapet tenaga cukup signifikan…..

       
      • Anonymous

        June 6, 2014 at 2:26 pm

        bang chibenk . klo mtr honda beat mau jadi 130cc hed nya harus di papas ga ? klo harus berapa mm . ksih jwbnnya ya bang ///

         
    • yusuf

      March 31, 2013 at 6:26 pm

      bang ni saya pnya beat std , sdah beli pket bore up 130cc ,pake kop std apa msih bisa ,apa bahaya ,trus kalo gak bisa apa aja yg hrus dikorek ? tlong tipsnya .

       
    • bhe'ye

      July 2, 2014 at 6:42 am

      Mana no hp nyua bang chibenk saya mau bour up mtor mio scoopy nih? ……
      kira” abis dana brapa ea bank

       
  2. Fikri Yustiawan

    January 17, 2013 at 12:50 pm

    gan, saya ada rncana bore up beat saya jadi 130 cc, kira2 ngabisin dana berapa buat spek harian, trus apa aja yg diganti/ dimodif?

     
    • chibenkmotor

      January 17, 2013 at 10:58 pm

      Paling seher, terus head sedikit diubah, porting polish harian,CVT diubah sedikit….cukup untuk harian kok gan….. Dana sediain aja skitar 600-800rb tergantung bengkel yang mengerjakan,atau untuk info lebih lanjut bisa hubungi kami di nomor telepon yang tertera di halaman depan….cekidot gan….

      Terima kasih

       
  3. Anonymous

    January 19, 2013 at 11:53 am

    buat bebas gmna gan…………berapa cc yg bsa d tempuh oleh motor scoopy……….
    dan kira2 berapa biaya nya gan…………..

     
    • chibenkmotor

      January 20, 2013 at 12:45 am

      Kalo soal kapasitas mentok mesin scoopy di 53,4mm sesuai regulasi untuk seher sehingga cc menjadi kurang lebih 130cc. Udah gtu main di kompresi dan noken as….untuk biaya call aja ke nomer yg ada di halaman depan web ini untuk pengerjaan dan biaya lainnya

       
    • bskm AJM

      July 1, 2013 at 9:04 am

      maksimal seher scoopy 58 , iaa tapi boringan nya semakin tipis ,, pake 56 ajah enak ,,

       
      • Anonymous

        September 16, 2014 at 10:42 pm

        58mm terlalu gede bang,klo mau pake kaze nanti d jenongin sehernya.
        Max honda tuh cuman 53.4mm klo lebih dri itu boring trlalu bnyak habis d corter,sya pake kaze 53.4mm noken as khawahara,roler 10gr,per CVT 1500Rpm,CDI BRTjuken udh mantap :D

         
  4. dona hiromichi

    January 31, 2013 at 7:17 pm

    kalo bore up harian buat scoopy maksimal brapa cc??
    soal nya aq skarang punya spin bore up udah 148cc masih d pake harian..

     
    • chibenkmotor

      February 1, 2013 at 8:49 am

      130 aja gan….pake seher 53,4 cukup kok…. Kalo spin boring seher nya gede…..jdi enak

       
      • iqbal

        July 17, 2013 at 4:15 pm

        kalo bore up vario bisa ga?

         
      • iqbal

        July 17, 2013 at 4:17 pm

        trus bajet nya berapa buat bore up vario harian?

         
  5. Suez

    February 7, 2013 at 10:43 pm

    Nie ane ksh racun buat beat, Cma agak sdkit rumit rubahnya.

    pen Stroke gnti yg 3mm, kruk as hrus d balancing ulang lg.
    Conecting rod pake astrea grand
    Seher ckup pke sonic(non os) kl bs cri yg ad lpisan teflon.
    Coakan klep dprdlm3mm
    Klep sonic custom27/23, gdein lubng in/ex.
    ‘in jgn d hlusin, ex boleh sehalus mungkn biar sisa pembkran trbuang smua’ oy ruang bkar jgn ktnglan.
    Noken as kwhr k1/k2(harian) atau bs custom yg orinya bgian pantat d papas 1-1.5mm+ubah durasinya, tp ht2 klep ciuman ma seher wkwkwk.
    Per klep,cvt,roller gnti after market.
    Cdi brt/rextor programable
    Coil yz125.
    Karbu pke mikuni 24/26 stel ulang pj/mj-nya

    ‘Tips’
    -Portingan 2.5mm lbh kcil dr ukran payung klep.
    -boringan ganti yg lbh tbal
    -bagian tutup head ksih vintilasi biar g cpt panas.
    -utk aman setingan karbu bsah aj dlu d awal2 rubahan msin
    -kompresi ckup11.3:1 jgn lbih kalo harian,
    -Ukran celah antara boring dlm n seher pastikan 0.006mm
    Biar g drop kalo panas akibat pemuaian
    -Bibir seher ksh clah lbh renggang antara boring, krna bgian ini yg paling panas pd prses pmbkran, akbtny pmuaian dsni lbh bnyak ‘ht2 proses pngrjaany.
    -krna stang sher pke astrea grand jd g prlu nambah bnyak paking walaupun udh stroke up.

    Ubhan itu smua msh aman u/ hrian bro/sis smua. Asal ttep prhtikn kndsi oli mesin+servis rutin.

    Udah jelas kan bro-sis semua. Kalo kurang jelas tgal tnya aj.

    Utk biayanya ane g htung pastinya. Yg jelas 3-4jtan lah.
    Bwt ubhan lbh kalem lg si paling cm 1.5-2jtan udh lmyan knceng.

     
    • chibenkmotor

      February 9, 2013 at 8:52 am

      Mantap tips nya…….sukses terus gan……tips yang bermanfaat untuk kita semua…..

       
      • Andy Bun

        December 15, 2013 at 11:07 pm

        bang chibenk
        klo mau buat mio tiger an
        kena brapa ya?

         
    • yusuf

      April 13, 2013 at 1:47 pm

      tuh cc nya jdi naik brapa gan .. ?

       
    • Anonymous

      January 24, 2014 at 10:09 pm

      Gimana. Kalu. Beat. 135. Cc. Untk road race standart shorum biar panitia. Ga tau kalu cc nya 135

       
  6. Suez

    February 7, 2013 at 10:57 pm

    Utk hsil ane udh cba ‘head to head’ vs xeon,mio,vario(bore up)
    Mx,vixion,newcb150r,(kndsi std) msh bs d kntutin.
    Ane jg prnh cb lwn mx korekan hslny msh mnang beat rkitan ane walaupun beda dkit.

    Ngacir cuy buat harian. Wkwkwkwk

     
  7. SMracing189

    February 14, 2013 at 11:19 pm

    mang kira2 nokken pake ukuran berapa biar beat 130 lari ? klau pake kawahara pake nomer berapa ?

     
    • chibenkmotor

      February 16, 2013 at 9:21 am

      Pake kawahara yang K2 trus dibubut ulang…..piston tapi jgn dibuat terlalu jenong dan coakan di seher agak dikedalamin….seher pake 54,4mm,dah oke gan….

       
  8. septian

    February 23, 2013 at 2:53 pm

    misi mas bro.. beat ane udh 130cc tp di tarikan atas mrebet,, kira” PJ ma MJ nya pake yang berapa yh..

     
    • chibenkmotor

      February 24, 2013 at 5:47 pm

      Karbu pake ori bro?tarikan atas brebet kemungkinan bukan dari karbu kalo memang karbu nya belum ganti2 spuyer….bisa aja itu kemungkinan dari klep yang bocor….atau posisi timing gear yang kurang pas posisinya….

       
      • septian

        March 30, 2013 at 12:29 pm

        kata mekanik ane sh cdi’y limit kata’y… bener ga tuh..?

         
  9. dona hiromichi

    February 27, 2013 at 12:13 am

    Kalo scoopy pakai karburator rx-king pake main jet & pilot jet nya brapa??

     
  10. bom-bom

    March 1, 2013 at 6:29 pm

    Om klw 130 cc buat beat,head std,noken as pke K2,perklep harus ganti ga?

     
    • chibenkmotor

      March 4, 2013 at 8:52 am

      Per klep mending ganti gan untuk optimalisasi biar gak ngambang tenaga atas nya…..noken as dibubut ulang kalo pake K2 krna nanti bakalan mentok hasilnya……

       
  11. ewing

    March 6, 2013 at 7:33 am

    bro klo bore up 130 pke krbu 28 bisa gak broo..???
    Kira2 pengaruhnya apa broo..???

     
    • chibenkmotor

      March 9, 2013 at 9:09 pm

      Lebih enak gan,asupan bahan bakar lebih banyak otomatis tenaga lebih mantep

       
  12. ewing

    March 6, 2013 at 7:47 am

    satu lgi broo mw tnyain klo bore up 130 pke karbu standar bagu ngak bro..???
    tlong di jelasin dua2nya yah broo..

     
    • chibenkmotor

      April 11, 2013 at 1:18 pm

      kalau pake karbu standar paling mentok ditenaga atas nya…..kalau mau setting ulang spuyernya aja…..tapi tenaga masih jauh lebih enak dengan ganti karbu selain bawaan motor nya gan

       
  13. Anonymous

    March 26, 2013 at 7:50 pm

    bro mtr ane udah pake seher kaze 50 .noken as std udh d bubut.tp lw d cc 90 selalu timbul suara ng’ratak . knpa ya itu gan???
    mhon masukn nya

     
    • chibenkmotor

      April 11, 2013 at 1:17 pm

      itu penyebabnya dari klep dan noken as yang kurang pas stelannya….coba di cek lagi gan…..stel ulang kalau perlu

       
  14. Julian DeathMetal

    April 3, 2013 at 1:36 pm

    kira” bangun beat 130cc abis brapa duit,

     
  15. Julian DeathMetal

    April 3, 2013 at 1:37 pm

    minta nove chibenk dong,,

     
    • chibenkmotor

      April 11, 2013 at 1:15 pm

      nomer contact saya ada di halaman depan blog ini…. 085624770467. silahkan tanya soal harga dan pengerjaan soal motor beat agan…. thanks

       
      • Budak sunda

        May 22, 2013 at 11:45 pm

        Klo kem beat di papas 3mm gmna tuh bos?

         
      • Anonymous

        March 19, 2014 at 5:38 pm

        gan bengkel nya dmna ?

         
  16. wakat

    April 26, 2013 at 4:09 pm

    brayz klo di bore up bakalan jebol gk bloknya

     
    • chibenkmotor

      May 15, 2013 at 9:18 pm

      ngga kok gan….selama bore up nya sesuai dan gak terlalu ekstreem

       
  17. willy

    April 28, 2013 at 9:42 pm

    om ane mu nanya , seher std honda beat ane tmbah daging trus di bikin jenong, bgus ny kaya gimana?

     
    • chibenkmotor

      May 15, 2013 at 9:22 pm

      jangan tambah daging…..ganti aja sehernya pake yang tipe high dome…….banyak jual kok gan…..

       
  18. Anonymous

    May 8, 2013 at 9:48 pm

    Kira2 Abis berapa tuh boss ???

     
  19. Anonymous

    May 19, 2013 at 12:37 pm

    a

     
  20. anton

    May 30, 2013 at 5:16 pm

    bos, botolan blok silinder beat bagus nya di ganti apa, soal nya kan kalo cc130 jadi tipis, takut retak bos soal nya buat harian ?

     
    • chibenkmotor

      June 10, 2013 at 10:06 pm

      botol sehernya di buat diameter luarnya 57-59 mm aja gan kalo buat harian…..aman dan tebel gan.,……

       
  21. ary

    June 12, 2013 at 11:52 am

    tnkss.!!

     
  22. fadli inside

    June 15, 2013 at 10:10 pm

    bang btuhin duit brpa saja ngeboreup hobeat sya

     
    • chibenkmotor

      July 5, 2013 at 1:48 am

      Tergantung spek yang agan pengen….baiknya telp ato sms aja langsung ke nomer di halaman depan blog ini ya…..

       
  23. Anonymous

    June 16, 2013 at 8:30 pm

    mas knpa klo sdah di gas pull mtor saya bunyi kretek”

     
  24. Beo

    June 17, 2013 at 7:04 pm

    kira kira bore up harian beat abis berapa ya om? yang enak enak aja buat harian kenceng mah hehe.. :)

     
  25. Donii Irnha Purba

    June 22, 2013 at 5:50 pm

    kalo ada sparingan beat gan spek 58an…..

     
  26. dicky

    June 23, 2013 at 5:40 pm

    kra2 btol seher ea pke ap biar bgus?

     
  27. benn

    June 24, 2013 at 1:40 pm

    beat saya dah pake sher kz50 v gdda tarikan gemana om..?

     
  28. Fadliinside

    June 24, 2013 at 3:17 pm

    bAng ane pernah ngboreup pkek seher 53mm tpy blum ampe 1th udh jebol sehernya ap mungkin sehernya natap bibir klep ap hrus di bubut bang

     
    • chibenkmotor

      July 5, 2013 at 1:30 am

      Itu bibir seher di coak lagi gan biar aman…..trus coakan klep di seher diperdalam lagi…..

       
  29. wahyu pesex

    June 28, 2013 at 9:04 pm

    gan..
    gw baru naek spek scopy..
    piston pake izumi 53,2mm..
    tp diruang bibir piston msh mentok dibagian klep atas…
    suara jd agak kasar.
    pdhl paking blok 3 lembar,sengnya 1.
    gmn nie gan solusinya..?
    thx.
    pessex perform.

     
    • chibenkmotor

      July 5, 2013 at 1:52 am

      Mentoknya seberapa banyak? Papas bagian bibir sehernya gan…..paking blok jangan terlalu banyak….penyesuaiannya ada di tinggi seher….kalo ketinggian,papas aja sehernya sesuai dengan kelebihan dari boring nya…..

       
      • fauzendry (@fauzendry_fauzy)

        July 17, 2013 at 12:21 am

        gan, ane pake seher 54 paking 1 motor tarikan di atasnya nglitrik, trus ane pake paking 2 ilang nglitriknya tapi motor ga enak tarikannya, jadi lemot,
        ngakalin motor kya gtu gmn ya gan,??

         
  30. bskm AJM

    July 1, 2013 at 9:07 am

    scoopy maksimal pake 58 , tapi boringan terlalu tipis , saran gw mah bang pake 56 noken as kawahara ,, cakep udah motor ,,

     
  31. Anonymous

    July 8, 2013 at 6:19 pm

    gan cara mengatasi seher yng bertrabrakkan dengan klep itu gmna

    terimakasih

     
  32. Anonymous

    July 11, 2013 at 9:32 am

    Bro,, numpang tanya kalo karbu standar di remer.. Add kmajuan gk?..

     
  33. trezz

    July 11, 2013 at 7:31 pm

    pin 3mm pny apa beli dmn?

     
  34. trezz

    July 11, 2013 at 7:41 pm

    bozzz…tolong jelasinlg dong khusus buat naik stroke’y…..
    anemsh kurang jelas…maklum org awam bozzzz…..hehehehe…

     
  35. genzoll

    July 12, 2013 at 12:07 am

    gan bore up beat jdi 130 cc .. gantii apa.a ajjh tuhh gan

    byy ghenzoll

     
  36. genzoll

    July 12, 2013 at 12:18 am

    mwuu nnya nii gan , kalo mau gantii seher beat yang enak , gantii nya seher apaan ya gan .

    byy genzoll

     
  37. ahmad taufik hidayat

    July 12, 2013 at 7:24 am

    Bos buat motor beat saya yang sudah ganti piston dengan jupiter operses 100 , noken as bubutan , per klep pake mio , roler pake 8gr tapi masih gak enak di pake
    Kira” apanya yang kurang bos?

     
  38. sadid

    July 15, 2013 at 8:17 pm

    mas kalo scoopy cocok gak ya pake piston tiger???

     
  39. thoni

    July 17, 2013 at 1:44 pm

    gan untuk roller enaknya pake campuran.
    7 + 9
    8 + 9
    9 + 11
    enaknya yang mna bos, untuk beat ??

     
  40. dani

    July 20, 2013 at 11:06 pm

    kalo mau ganti glas boring’y di ganti pake apa gan???

     
  41. Anonymous

    July 27, 2013 at 12:55 am

    bang ane punya mtor beat neh, udah pake sher karisma 100, kira” kurang apah lagi bang, biar lari nya nambah..

     
  42. Anonymous

    July 27, 2013 at 12:28 pm

    Bos kalau orsinil beat bagusnya pake QUARITI BERAPA…..
    Dan roller berapa…..

     
  43. Anonymous

    July 27, 2013 at 8:35 pm

    Kalo cara ngetop in gear sentri di head beat gmna ya? Soalnya kan di head beat gg ada tanda kaya head mio

     
  44. Anonymous

    July 29, 2013 at 1:30 pm

    Boleh boleh

     
  45. Anonymous

    August 7, 2013 at 4:24 am

    bang mao tnya nih klo biar gk remes kmpresi gmna ea ane udah pake slinder corp tetep aj ngbul d sela head padahal cc ny blum tinggi cuma 125 aj cumant klo lari wiis, jngan d tanya korekan sendri bang hehe,

     
  46. idzal

    August 11, 2013 at 1:29 am

    gan apa ajh mtor beat biar full sonic
    apa ajh yg di ganti ?

     
  47. Anonymous

    August 12, 2013 at 2:45 pm

    bos beat saya udah pake paketan tdr 54.5 mm..aman ga bos.
    udah gt apa lg y biar larinya enak..trmksh

     
  48. jery jhonatan

    August 26, 2013 at 12:10 am

    Omm noken as kawahara k2 bubut ulang durasinya apa gimana tolong perjelas bang !!

     
  49. ajie

    September 1, 2013 at 3:45 pm

    Ini ada efek samping nya gak bos ?

     
  50. devon

    September 4, 2013 at 12:38 am

    itu pistonnya pake standar ap os bos……? kalo pake piston kaze itu yg os berapa……? thx

     
  51. Anonymous

    September 12, 2013 at 2:28 pm

    Apa aja yg hrus di beli kalo buat honda beat bore up harian ?

     
    • Zifank

      November 30, 2013 at 11:48 pm

      untuk honda beat harian cukup Gnti
      1.Seher pake Kaze
      2.Noken As Kawahara K2
      3.Per CVT pake RPM 1500
      4.Roller pake yg 10 atau 11 gr
      5.CDI BRT Dual Band atau Rextor

      sgitu pun udah lumayan Bos…
      Motor ane aja udah bisa ngepantatin FU…
      Lumayan lakh Bos…

       
  52. vinoza

    September 16, 2013 at 2:45 pm

    gan motor ane udah bore up 130cc,mau ganti CDI,enaknya pake CDI apa ya gan ? minta solusinya gan .. thanks

     
  53. Andri

    September 18, 2013 at 10:03 pm

    Untuk bag pantat seher kalo pke kaze d bubut nya brpa ml.?

     
  54. one

    September 26, 2013 at 4:33 pm

    Bos kalau bwt suzuki nex d bikin 130 piston nya bagus nya pake bwt °ºāāº°?? Makasihh

     
  55. bgenk

    October 7, 2013 at 12:52 am

    gan motor ane vario knapa ya selalu muncratin oli ma asap putih dari selang hawa ya yg d head???
    motor ane vario 2010 daleman dah gwe gantiin sonic semua dari seher ma klepnya, dan noken as nya pake kawahara K1 tadinya buatan krna salah prhitungan mkannta gwe ganti pake kawhara K1
    makasih :D

     
    • sahrul

      February 21, 2014 at 2:29 pm

      sil lau kena bng klo ga sekiran klep ga rapi…

       
  56. Anonymous

    October 8, 2013 at 1:50 pm

    bos saya punya beat 130cc sesuai spek yang agan kasih, bagusnya saya pake PERCVT ukuran berapa ya beserta ukuran rollernya ya gan makasih

     
  57. prayogosulistio

    October 9, 2013 at 9:22 pm

    bos ,saya punya honda beat standar ,saya bour up pake piston kaze 100 ,jadi naik brapa cc ya ?makasih :)

     
  58. oche djisamsoe sigaretek

    October 11, 2013 at 2:50 pm

    bang klu mau buat vario untk jdi 130cc hrus pke sher ap??

     
  59. k

    October 13, 2013 at 4:41 pm

    om mw nanya .gue pnye mtor scoppy pake piston kaze 50, loken as paprasan per cvt 1,500
    lorer 10rata
    kurang apanya ya om motor ga langsung teriak …
    ngurut
    apanya ya kira kira …

     
  60. anwar

    October 14, 2013 at 11:04 am

    Bang ‎​♏äώ nanya kalo honda beat ϑϊ bore up 130cc biayanya semua berapa ?? ♏ªKª§Ǐ♓

     
  61. radit

    October 15, 2013 at 4:50 am

    Omm .. Motor saya tidak pake saringan udara untuk motor beat .
    Kata abang saya suapaya ringan .
    Nah apa kah itu bener .

     
  62. Anonymous

    October 16, 2013 at 11:48 am

    bang kalau karbu PE terus pake Kj an buat perhari jebol ga ya ?

     
  63. odang

    October 16, 2013 at 6:27 pm

    bang ini saya punya mtor beat pngen di ganti seher pake kJ atw karisma? tapi saya bingung bang,kira” klaw sisa boring.y 1,5 mili gmna bang? biasa tahan lama gak bang? soal.y buat dipake sehari” ..

     
  64. roadster_kota_kembang

    October 29, 2013 at 1:51 am

    sodara-sodara cobain juga nih tips dr beat 2011 pnya gw (c’kancil)..

    roller aftermarket 10gr dan 11gr dipasang saling-silang kalo bisa merk TDR (bahannya okee)..CDI BRT neo Hyperband..koil YZ125..karbu keihin PE 26..NGK Irydium Spark-plug/CPR6EA9..knalpot bobokan/aftermarket..mesin OS..

    top speed pasti mbrebet (dikarenakan tdk ada perubahan mesin sperti camshaft,,intake&outtake,,piston,,dll) tp larinya mantap gan n masih aman dipake harian..
    kalo situ mau nge-joss di awal tinggal nambah gocek 675-700rb’an buat beli gas spontan TDR.. :D

    sayah mah belum berani bore-up mesin lagi..takut gagal mesin kaya shogun yang lama.. :'(

    have a try dude.. ;)

     
  65. tyzc

    November 5, 2013 at 9:22 pm

    gan noken as apa yg pling pas buat bor up 130 harian…

     
  66. joejoe

    November 7, 2013 at 12:34 am

    Q pnya beat ne klo ngenakin buat lari” ngmbangin satria fu aph ja sran yg d butuhkn ne

     
  67. prastyan

    November 7, 2013 at 12:00 pm

    Bang mau tanya ni,scoopy gw dah 54 pake sher cld 200,tp masih limit trus klo power cepet drop gra2 apa ya bang?

     
  68. Iyo Petrucci

    November 8, 2013 at 3:54 pm

    bro buat honda beat jadi 130cc brp ? ente tempatnya dmn ?

     
  69. andre berebere

    November 13, 2013 at 8:15 pm

    om kalo motor beat cuma mae noken as sama seher 54’an kira -kira tarikannya bisa los ngga

     
  70. Anonymous

    November 14, 2013 at 11:00 am

    Mnk benkelnya di mna boz

     
  71. andre samsonet

    November 18, 2013 at 12:20 pm

    bro kalo bore up beat buat harian kira kira abis berapa duit ?
    infonya ye bro

     
  72. Anonymous

    November 26, 2013 at 9:21 pm

    bro bikin honda beat 130cc kira2 di ganti apanya ea bro

     
  73. Anonymous

    November 29, 2013 at 11:58 pm

    gan, klo motor beat pake seher vario apa aja yg di rubah yah ..????
    semua seher vario sama atau gak.??

     
  74. Zifank

    November 30, 2013 at 11:52 pm

    mending menurut saya untuk motor beat cukup pake

    Seher Kaze

     
  75. Anonymous

    December 2, 2013 at 11:10 pm

    Gan ane mo naya nch. Tmn sya punya mtor handa vario terus seher dah d ganti pke seher kj. Nah yg sya tanyakn kelepya hrus d ganti ga.? Teanks gan d tunggu blsanya.

     
  76. dika

    December 3, 2013 at 5:53 am

    Broe.wa mw tnya ni..ktny beat bisa d pasang seher punya cs-1 yak???kalo bisa penerapan ny ap sama kayak d atas???
    Wa mw bore up beat ni…tpi masih nyari ” solusi mana yg terbaik dr yg trbaik broe…

     
  77. widiandrian

    December 4, 2013 at 3:44 pm

    gan…ai bore up th naon sih

     
  78. Anonymous

    December 5, 2013 at 11:13 am

    Kalo buat kaze 50 scoopy enak nya ngerubah klep apa engga gan ?

     
  79. Anonymous

    December 5, 2013 at 1:03 pm

    kalau cra buat nken as nya brpa bndng brpa diameternya

     
  80. Anonymous

    December 8, 2013 at 1:04 pm

    Gan gw mau nnya ni .
    Klau mesin standar maen roller doang sebaiknya ganti roller berapa gr ?

     
  81. Anonymous

    December 11, 2013 at 9:17 am

    ben banter pye bos

     
  82. Fino Deniss

    December 11, 2013 at 1:45 pm

    scoopy gue gann seher kj biar joss di trek 500 pake roler ukuran berapa gann

     
  83. Malik anjjar

    December 15, 2013 at 1:36 pm

    Gan mau tanya nih,ane baru ganti pake seher 54 noken as kawhara. CVT1500rpm roler 9gram tapi ko masih gak ada tarikan kira” kurang apa ??

     
  84. Evon Linggarjati

    December 17, 2013 at 12:30 pm

    Itungan dari ♍ƞ seher 53,5 jadi 130 cc d beat botol seher?? Liner kali bahasa yg bner klo nulis web dong jgn kya orang kampung

     
  85. raka

    December 24, 2013 at 12:33 am

    kang mentok-mentok kuat sampe brapa beat kuat di bore up nya?
    yg saya udah masuk 130cc

     
  86. Reza AuLia 3 Brotherz speed

    December 25, 2013 at 11:18 pm

    Bro kaLo seher gx d ganti,trus karbu gx d ganTi,cumaN noken as d bubuT itu gmNa ?

    #scoopy

     
  87. ogay

    December 26, 2013 at 8:41 pm

    om kalo honda beat standard kok kalo di pake boncengan kaga kuat naek di tanjakn minta tips nya dong??thanks

     
  88. SpeedScooo

    December 31, 2013 at 2:48 am

    om tanya dong , beat gue masih kurang ngabret nih :( padahal piston udah di ganti pake kaze (os 200) trus klep udah pake sonic, spek cvt udah di rubah semuanya, cuman yang bingung noken ass nya belum gue rubah soalnya gatau ukurannya .. kira” noken ass yg pas ukurannya berapa ya ??
    trus satu lagi per klep apa perlu di ganti juga ? kalo di ganti bagusnya pake apa ya ?

    terimakasih :)

     
  89. heru sr

    January 1, 2014 at 7:13 pm

    gan cara ngilangin limit . slain ganti cdi gmana gaan. thanks

     
  90. Dani

    January 6, 2014 at 8:40 pm

    bos , kalo beat pake piston tiger gimana>>???

     
  91. Anonymous

    January 7, 2014 at 5:01 pm

    bos aq punya honda beat gimana cara nya supaya bisa jadi FFA

     
  92. firman

    January 10, 2014 at 6:23 am

    bro sahabat balap
    saya mau tanya nih,mesin beat saya udah 130cc.
    tpi knp stiap mesin udah mulai panas kluar suara”yg kg enak dmotor udah gitu juga terkadang mesin panas udah g mau dbeset lg.
    sya pke blok seher 54,5 punya kawahara

     
  93. Anonymous

    January 12, 2014 at 4:54 am

    apakah d pake jarak jauh masih aman

     
  94. rezky

    January 14, 2014 at 10:16 pm

    bos kenapa ya honda scoopy saya stelah ganti piston karisma ovrses 100,bunyi kasar saat mesin dingin,tp klo mesin nya udh panas bunyi nya ilang?

     
  95. syarifudin

    January 16, 2014 at 3:29 pm

    Motor ane kan ni beeat seher nya dh 54,,kira2 klo ganti noken yg ukuran k2,sma loler khwahara yg ukuran 10gr,,,kira2 ngabisin dana brapa boss

     
  96. eday

    January 17, 2014 at 2:22 pm

    gan ane sudah boreup scoppy 54 .ane beli boreup jadi,,?noken k1 kawahara ,tapi masih sering bunyi di mesin,,seperti suara ngelitik,,!!! tuch kenapa,//

     
  97. andre tri nanda

    January 20, 2014 at 10:06 am

    mas saya mau tanya,beat saya udah ganti seher kaze 100,karbu keihin PE24 knalpot standar bobokan,kem standar koil standar,cdi standar,tapi mesin beat saya qo jadi ngeberebet yah>>masalahnya dimana yah mas,mohon pencerahanya ..

     
  98. dian

    January 21, 2014 at 3:08 pm

    beat

     
  99. Gatot

    January 22, 2014 at 12:05 pm

    bro
    pernah beli kawahara k1 buat ganti yg standar scoopy, tp waktu mau dilepas kata mekaniknya sama dg standarnya… apa standar noken as scoopy/beat itu sama degn kawahara k1? pernah di cek oleh mekanik ahazz, perbedaan amat tipis….

    mohon pencerahaan

     
  100. Erick Messanger

    January 28, 2014 at 2:02 pm

    Bang kalo per cvtnya 1500 rpm cocoknya ama yg berapa ??

     
  101. Erick Messanger

    January 28, 2014 at 2:03 pm

    bang kalo per cvtnya 1500 rpm cocoknya pake roller berapaan ?? :D

     
  102. Aldi

    February 10, 2014 at 11:37 am

    Kata siapa beat mentok seher 58. Beat gw pake 60, boringan tipis 1,5 mili, g perlu geser baut, tiap hari gw bwa jabodetabek,

     
  103. Aldi

    February 10, 2014 at 12:08 pm

    Tips gw ya, kalo mao lebih extrem pake pen stroke 3 mm, seher sonic 200, karbu mio di reamer , klep in 29 out 26, intake vario krna lbh datar, cam pake merek faito, merek kawahara n cld udah g jaman. Pake rasio 13/44, per cvt pake 1500, vanbelt, roler, puly pake merek faito, cdi pake varo non limit, kuil pake merek EXP, mtor kenceng non paking, bisa d pake harian jabodetabek, awet, bensin irit, gw jami 100%, ini yg udh gw coba d mtor gw, maknyos.

     
    • agusmaulana

      March 23, 2014 at 12:15 pm

      Hahaha 58 aja udah riskan bos hahaha

       
  104. haekal kecik

    February 15, 2014 at 7:47 pm

    bos .. motor scoopy saya pake piston sonic 0.50 , klep 27-23 , pen struk 3ml , noken as kawahara k2 , per klep jepang , bak mesin udah full racing tapi napasnya kok kurang ya ?

     
  105. Anonymous

    February 20, 2014 at 10:00 pm

    Bos biasanya pnyetelan klep buat beat bore up d kasih ukuran brapa

     
  106. Anonymous

    February 20, 2014 at 10:09 pm

    Gan..yang enak pake noken as ukuran berapa?

     
  107. Bungsu

    February 23, 2014 at 1:24 pm

    Gan klw cuman ganti
    Seher kaje
    Noken as kawahara
    Loler kawahara 10grm
    Per CVT 1500RPM
    Gmna gan tarikan nya

     
  108. chandra nugraha

    February 27, 2014 at 12:11 am

    kalo soal dari perpaduan roller sama per itu pake yg brapa aja gan biar pas???

     
  109. acil

    March 3, 2014 at 5:36 pm

    broh.. beat gue dah korekkan tp noken as kgk gue korek, tp tmen gw pny beat cman maen di noken as doang. anehnya suara mesin beat tmen gw percis bgt kya mtor bore up tigerran? yg jd prtnyaan suara mesin sperti itu timbul atau muncul dr apa? dngn cat. knalpot kita sama. tp suara mesin malah beat tmen gw yg kek cc nya lbh gd. tp kalo urusan lari sh msh mnang ane

     
  110. Anonymous

    March 4, 2014 at 11:38 pm

    biar kencang bisa pke piston izumi 54,5 atau 55mm pke klep izumi diameter 23&27 atau standr
    per cvt pke 2000/1500 rpm. linar d blok piston ditebelin biar amat n gak cpet panas cdi bisa pke brt non limiter bos. karburato spek roadrace pke std klo drag keihin tau pe24-28 cukup.
    gear bok acing buat squis pd head agar setingan bgus n ga ggal
    magnnet d selep 1mm. chamsaft durasi sesuai seingan mtr. mugki cuma itu bos

     
  111. Anonymous

    March 6, 2014 at 8:00 pm

    Bisa di coba

     
  112. deussbudiman

    March 9, 2014 at 4:11 pm

    Kalo scoopy fi bisa ga bore up 56 ?

     
  113. revan#279

    March 13, 2014 at 2:11 am

    Bang motor kita honda beat ni tahun 2010/2011, beat kita pke piston KAZE 100, ni yng skrang, tpi ko klo [d̲̅i̲̅] setut gas’a nyampe jarak 250 meter gtu, ko bunyi suara ngetrik yah [d̲̅i̲̅] block head’a bang, pdahal kta bngkel saya motor ini jarak 450 meter, solusi’a apa ya bang, thank’z,

     
  114. Nazwar

    March 25, 2014 at 12:36 pm

    bos saya punya scoopy. pke seher kaze standar diameter 53 , cdi udh BRT dualband. motor pernah d coba sma fu bor up pas mau finis klah di 180m . noken as blum d buat . enaknya noken as pabrikan d buat apa pke noken as racing ? tnk

     
    • dhani

      April 14, 2014 at 4:36 pm

      Bang, gua mau nanya. Motor beat gua kok di bawahnya engok? Karbu udah di ganti sama karbu mio. Seher 54,5 noken papasan, struk standar, lost filter
      Tolong tipsnya bang thanks

       
  115. randi

    March 26, 2014 at 7:42 am

    wah ide yang bagus tuh

     
  116. Anonymous

    March 30, 2014 at 3:15 pm

    Bos mtor beat saya, pake seher kaze std, nokennya kawahara, itu noken perlu dipoles lagi nggak??

     
  117. Anonymous

    March 30, 2014 at 10:41 pm

    permisi bangg
    ane mau nanya ….?
    kalo honda beat pake piston honda karisma yang diameter’y 51,5 jadi berapa cc tooh

     
  118. Anonymous

    March 31, 2014 at 10:36 am

    misi om saya mau nanya dong…
    beat saya speknya kan 54,5 noken as standar custom sama karbu reameran, enakan pake PJ MJ berapa tuhh om biar gak kekeringan terus ?

     
  119. Anonymous

    April 1, 2014 at 10:41 pm

    klo pake seher kaze overses 75 itu jd cc nya brapa?

     
  120. muhammad dandi

    April 3, 2014 at 9:38 am

    klo untuk honda beat itu loler nya di oplos apa enggak gan?

     
  121. satrio wibowo

    April 6, 2014 at 8:40 pm

    Boros engga kalo pyston nya karisma tuh, ganti karbulator nya tetep boros engga

     
  122. Heden

    April 7, 2014 at 12:39 pm

    Om,,
    kalau motor beat pake boringan TDR 58 an bagus ga

     
  123. andre samsonet

    April 11, 2014 at 1:16 pm

    Bang motor ane udh di bor up 54’an ,tapi knpa ya kalo mesin udah panas dikit terus motor nya mati. Infonya ya bang

     
  124. trisna

    April 16, 2014 at 9:36 am

    Scopi q uda pake seher karisma.. Tp dppake harian uda enak..

     
  125. MB_TECH

    April 17, 2014 at 6:26 am

    Gan klo buat vario techno .
    I jadiin 130cc gimana caranya?
    Habisin duit brp?

     
  126. vhidets

    April 17, 2014 at 10:34 pm

    bos ane naek stroke 3 mm buat beat yg cocok seher pake apa yah biar gk bnyk nambah pakin..?? thx

     
  127. wildan

    April 19, 2014 at 5:22 am

    aq punya beat standart om,karbu udah rx king,nih saya mau ganti roller silangan ukuran 8 gr KAWAHARA ama 10 gr TDR,trus per cvt nya diganti yg 1500 rpm.itu menurut om gmna sarannya,….???

     
  128. dani

    May 1, 2014 at 12:29 pm

    Saya punya mtr scoopy injeksi,,gmn cara tuk otak atik mesin biar tambah bertenaga ” tuk harian” trimakasih boz

     
    • asmawi

      June 16, 2014 at 1:26 pm

      di bakar motornya

       
  129. zulhaq

    May 1, 2014 at 2:38 pm

    gan kalau motor beat fi abis berapa???

     
  130. opie

    May 2, 2014 at 12:06 am

    PBos, saya kurang paham maksutnya honda beat pke 54,5, klep stdr, klo pke noken as kawahara k2 harus d bubut lg, jd ukuran brp y bos? Trus klep harus d scraf brp mili y jarak nya? Thanks.

     
  131. Anonymous

    May 21, 2014 at 12:52 am

    Saya sudah mengikuti cara mas,tpi mesin saya blom ketemu sentingan nya

     
  132. Anonymous

    May 30, 2014 at 11:35 am

    Bos ,kalo pke seher 58 bisa gk ?n cc NY jadi brpa?

     
  133. Gaden Brow

    June 11, 2014 at 2:01 am

    brow,, sy pnya beat tp da d’bore up seher 5.5mm pilot jet da d’ganti ukrn 38 noken jg da d’gnti, prmasalahn’a dr star klo d’tarik gas pol tu ad yg ngepong cm 1 detik trus jalan lg, kata’a harus ganti main jet’a,, ap bener brow,, thns

     
    • asmawi

      June 16, 2014 at 1:27 pm

      bakaren motormu

       
  134. dirman

    June 23, 2014 at 1:26 am

    brooo scoopy ane boleeh tuh di bore up harian kira” butuh dana berapa

     
  135. ian iswari

    June 23, 2014 at 11:11 pm

    klo seher aja di ganti trus cdi rextor udah enak ya gan. kira” seher brapa bagusnya di pakai klo mtr standar

     
  136. ian iswari

    June 23, 2014 at 11:35 pm

    klo mtr fi mda di bore up bgusnya ganti apa gan. tunggu blasannya ya gan

     
  137. Andy tonro

    June 28, 2014 at 9:47 am

    Kalo make piston,,,,kuhitung cc nya 121,,bang,
    Apa aq salah hitung

     
  138. Kecuk barawz

    June 29, 2014 at 9:05 pm

    Mksh broo,

     
  139. ridho

    July 7, 2014 at 9:13 pm

    kalo honda beat 130cc pake knalpot ori gmn gan

     
  140. alex

    July 8, 2014 at 8:37 pm

    Bos berapa dana yg dbthkan untuk bore up beat 130cc dengan kondisi aman untuk harian?

     
  141. alex

    July 9, 2014 at 6:36 pm

    Bos tolong beat saya anda bore up 130cc untuk harian membutuhkan dana berapa , bengkel anda dmana?

     
  142. Gilang

    July 10, 2014 at 8:27 am

    Gan beat saya udah pake piston kaze std 53mm . noken as bubutan . karbu standar . nah untuk ukuran pilot jet sama main jet nya biar pas .pake ukuran berapa ?? Mohon pencerahanya gan :/

     
  143. Fajar Nugraha Nakz Patal'z

    July 12, 2014 at 9:46 pm

    kalo mau 130 cc,harus pke piston 55 kan?

     
  144. Anonymous

    July 16, 2014 at 11:36 pm

    bang chibenk , sy mau nanya nih motor sy scoopy . seher udah diganti dgn seher kawasaki kaze 50 terus noken juga pake ahrs . klep juga udah di skur rata , lubang pembuangan juga udah dibesarin . cuman itu udah pas apa belum bang? sy masih penasaran

     
  145. Harry

    July 17, 2014 at 5:46 am

    gan butuh pencerahan, saya mau buat scoopy 58 harian kalo pake klep sonic + seher byson standar + bubut Noken as itu maknyos ga yah gan ? atau biar lebih maknyos gimana ya gan ?

     
  146. muh yusri

    July 22, 2014 at 1:44 pm

    kk low roller 7,0 gram bagus nggak….

     
  147. Panji

    August 11, 2014 at 11:16 pm

    Maaf nih bang Chibenk, ane punya rencana buat nge’upgrade mesin honda beat supaya naik jadi 130cc.
    Ane liat dari bahasan 11 tips bang Chibenk di atas nih,, Menurut bang Chibenk Kalo ane lebih milih bahan dari “AFTER MARKET”, kira-kira berapa biaya yg harus ane sediain bang??

    Makasih banyak sebelumnya, Minta sedikit infonya ya bang, supaya Beat ane beres maksimal sesuai yg ane pengen kalo udah tau kisaran biayanya Hehehe

     
  148. Anonymous

    August 14, 2014 at 8:23 pm

    l

     
  149. Anonymous

    August 19, 2014 at 8:46 am

    bos gimana klo beat. cuman d.gnti vanbelt sama roler dn cdi nya doank. pake yng racing semua. mrek brt semua.
    kira” bisa nambah brapa cc tuh..??
    mohon jwaban nya ya…

     
    • dwiharta

      September 4, 2014 at 11:29 am

      kalo cma bongkar bagian blakang ama pengapian doang si lumayan , tapi gak ngaruh k cc kyaknya si

       
  150. Septian permana

    August 19, 2014 at 9:02 am

    Apabila seher tda ganti cma ganti cdi,loler 8_9 pilot jet ,mainjet karbu ori doang kapasitas mesin akan bertambah tdak

     
  151. okky mahendra tama

    August 21, 2014 at 1:39 pm

    kalo beat cuman noken as nya aja sama karbu pake king enak gk bang

     
  152. Anonymous

    August 27, 2014 at 1:34 am

    Bank saya pnya honda beat,tpi udah d rubah seher ples bagian belakang nya, tpi dia gak mau kna setingan nya, saya minta pendapat nya,,,,

     
  153. dgam keoz

    September 1, 2014 at 3:48 pm

    bg kreta saya scoopy fi .. bg saya mau nnya kalo buat tuk kreta harian biar tarikan ny lbih kontan kyak mna ? ap aj yg hrus saya ganti bg biar kreta saya lbih kontan & tarikan kn ny pun lbih enak lg ..

     
  154. dwiharta

    September 4, 2014 at 11:22 am

    saya punya honda scoopy , kalo saya main d bagian CVT nya doang gmna ?

     
  155. Dimas

    September 11, 2014 at 3:44 pm

    Gan kalau scoopy ane pakek seher standrat enak nya di kasih rolier apa and karbu apa…

     
  156. miun vallent

    September 20, 2014 at 11:00 am

    Gan bngkel nya daerah mana ?

     
  157. galihsobirin

    September 23, 2014 at 3:21 am

    Beat pakek piston diameter 58 klep standar mampu nggak bang

     
  158. ogi

    September 30, 2014 at 11:57 pm

    biar honda beat kenceng tanpa bore up main di cvt bsa ga boss?

     
  159. abut gas tyus

    October 2, 2014 at 4:52 pm

    ada yg mw spring ga sma mtor aye beat 56 man

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 378 other followers

%d bloggers like this: